Blog

5 Keunggulan Panggung Rigging yang Digunakan dalam Konser

rigging 1.JPG

Panggung dalam konser musik. (Sumber: crokepark.ie)


Apakah kamu suka menonton konser musik? Jika ya, selain penampilan artis yang diidam-idamkan, menurutmu apa yang membuat pengalaman menonton konser menjadi hal yang menarik? Pencahayaannya, suara musiknya, atau tata panggungnya? Eits, jangan salah, ternyata pemilihan panggung bisa memengaruhi kualitas berjalannya suatu acara, lho. Dalam banyak acara musik, panggung rigging biasa digunakan karena memiliki banyak keunggulan. Yuk, simak 5 keunggulannya!


  1. Mampu menahan beban ratusan kilo

Dalam perhelatan suatu acara, tentunya perlu mempertimbangkan beban barang yang ada di atas panggung. Yap, komponen rigging pada panggung bisa menahan beban hingga lebih dari 100 kg per m2, lho. Hal ini karena penyusun utamanya berasal dari besi hollow yang memiliki ketebalan tinggi, sehingga mampu menahan beban yang berat.


  1. Tahan di segala cuaca

Jika menonton konser musik, tidak jarang acaranya diselenggarakan secara outdoor. Maka dari itu, cuaca menjadi salah satu penentu terbesar suksesnya suatu acara. Tentu kita tidak menginginkan hal buruk terjadi seperti panggung roboh atau alat jatuh, kan? Oleh karena itu, panggung rigging yang memiliki komponen kuat dipilih dalam konser musik karena tahan dalam segala cuaca mulai dari panas, hujan, hingga angin besar.


  1. Ukuran bisa disesuaikan

Ukuran panggung dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. (Sumber: pinterest.com)


Keunggulan lainnya jika memilih panggung yang memiliki rigging yaitu ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan acara. Di sini, kamu tidak perlu khawatir jika panggung terlalu besar atau terlalu kecil. Kamu dapat memperkirakan ukuran panggung guna perhelatan suatu acara mulai dari ukuran 8 x 6 meter, 6 x 4 meter, dan seterusnya.


  1. Mudah dibongkar-pasang

Selain ukuran yang bisa disesuaikan, panggung rigging juga mudah dibongkar-pasang, lho. Yap, ini karena panggung terdiri atas kerangka besi yang terpisah sehingga mudah untuk dibongkar dan dipasang kembali. Dalam kerangka tersebut, terdapat beberapa komponen yang harus ada yaitu panggung itu sendiri, tower truss, atap rigging, truss rigging sound, dan truss rigging layar.


  1. Mendukung pencahayaan

Pencahayaan dalam panggung. (Sumber: straightpoint.com)


Pencahayaan atau lighting jelas menjadi salah satu komponen yang membuat pengalaman menonton konser menjadi berharga. Ketika menggunakan rigging untuk panggung, maka pencahayaan bisa mencapai proyeksi terbaik dengan dipasang di atas. Hal ini juga memudahkan crew untuk mengatur tali dan tidak menghalangi pergerakan artis atau penyanyi di panggung.


Itu dia lima keunggulan panggung rigging. Jadi, memang penting untuk memilih jenis panggung dalam menyelenggarakan suatu acara. Selain konser musik, jenis panggung dengan rigging juga bisa digunakan dalam berbagai acara lain seperti pentas seni sekolah, tabligh akbar, dan lain-lain. Nah, jika dalam waktu dekat kamu akan mengadakan suatu acara dan membutuhkan panggung rigging, kamu dapat menghubungi Cemerlang Pentasindo untuk mendapatkan penawaran menarik!

Share this Post:

Comments